Android Wear Bisa Munculkan Notifikasi iPhone

KOMPAS.com - Sejak lama, Google ingin sistem operasi Android dapat terintegrasi dengan semua perangkat elektronik, tak terkecuali dengan perangkat ciptaan Apple. 

"Kami ingin sebanyak-banyaknya orang dapat menikmati pengalaman kami," kata manajer produk Android Wear, Jeff Chang pada akhir tahun lalu.

Nyatanya, hingga kini belum ada tanda-tanda integrasi yang resmi antara Android dan sistem operasi Apple, iOS. Walau begitu, ada cara "tak resmi" untuk menyatukan Android Wear smartwarch dengan perangkat iOS. 

Dilansir KompasTekno, Senin (23/2/2015) dari AndroidAuthority, pengembang Android Mohammad Abu-Garbeyyeh memungkinkan terjadinya integrasi tersebut. Hal ini berkat fitur Apple Notification Center Service (ANSC).

ANSC adalah fitur yang juga membuat smartwatch ciptaan Pebble mampu menerima notifikasi dari iPhone melalui Bluetooth. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada iOS 7. Dalam menggunakan ANSC, tak hanya sebagian, namun semua aplikasi dapat otomatis tertera pada pemberitahuan di Android Wear smartwatch.

Cara ini, walau bukan instruksi resmi dari Android maupun iOS, namun tampaknya berkenaan dengan visi akses terbuka yang selalu dilontarkan Google. 

Perlu diketahui, Abu-Garbeyyeh dikenal karena mengembangkan sebuah modul bertajuk Xposed Framework Module. Yakni, sebuah modul yang memungkinkan pengguna untuk memfungsikan mode yang tersembunyi pada sistem operasi Android. Salah satunya untuk mengaktifkan Heads Up, sebuah model notifikasi yang membuat pengguna tak perlu terinterupsi dengan notifikasi saat bermain game atau mendengar lagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.