Memori Smartphone Qualcomm Cuma 2 Megabyte

KOMPAS.com - Saat ini, Qualcomm lebih banyak dikenal sebagai pembuat prosesorsmartphone. Tetapi ternyata, perusahaan asal Amerika Serikat ini pernah memproduksi telepon pintar yang canggih pada masanya.

Smartphone tersebut diberi nama Qualcomm pdQ. Mereka mengumumkan kehadiranya pada 1998 silam. Saat itu, smartphone besutan Qualcomm ini merupakan CDMA pertama yang diluncurkan untuk komersil.

Layaknya sebuah smartphone yang kita kenal saat ini, pdQ juga dapat digunakan untuk mengakses surat elektronik (e-mail). Ada juga fitur jaringan berkecepatan 14,4 Kbps untuk menjelajah internet. Meski tidak sekencang koneksi internet zaman sekarang, namun saat itu sudah cukup.

Layar Qualcomm pdQ berupa LCD dengan resolusi 160 x 240 piksel. Smartphone lawas ini dirancang memiliki keyboard lipat yang dapat dibuka-tutup.

Seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (19/1/2015), Qualcomm pdQ diperkuat prosesor berkecepatan 16 MHz dengan RAM 2 megabyte (MB). Baterainya menggunakan lithium-ion yang kuat digunakan untuk menelepon selama 30 menit.

Namun, kiprah pdQ ini tak lama. Beberapa tahun setelah peluncuran tersebut, Qualcomm memutuskan untuk menjual divisi perangkat genggamnya kepada Kyocera. Setelah menjual divisi perangkat genggam, Qualcomm memilih pengembangan teknologi nirkabel dan chip-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.